09 November 2010

Definisi Blog


Definisi atau arti blog adalah singkatan dari weblog dan sejenis dengan website. Dimana blog ini bisa dikelola secara individual dapat diupadate secara berkala, dan diurutkan secara kronologis terbalik, dimana tulisan terbaru muncul di awal dan tulisan lama di belakang. Beda blog dengan website adalah blog dapat dikomentari sedangkan website jarang sekali ada kolom komentar buat pembaca. Blog biasanya terdiri atas berbagai link dan merupakan opini pemilik blog atau blogger. 

Sedang menurut Wikipedia, pengertian blog adalah :
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Blog yang cukup terkenal dan gratis misalnya blogspot dot com dan wordpress.
Dalam perkembangannya sebuah blog tidak hanya sebuah opini dari pemiliknya akan tetapi juga merupakan ladang pencari uang. Sehingga dikenalah istilah bisnis online, bisnis internet, internet marketing. Dan munculah jutawan-jutawan dari dunia maya. Blogger yang sudah sukses misalnya Joko Susilo dan Cosa Aranda. Mereka adalah pakar SEO di dunia blogger.
Para penulis blog biasanya membentuk dan bergabung pada sebuah komunitas atau forum. Di Indonesia komunitas atau forum yang terkenal misalnya Kaskus. Forum ini berisi postingan artikel, forum jual beli, berita dan hal-hal yang lagi ngetrend saat ini.
Secara umum, pengertian di atas cukup sudah mewakili defini sebuah blog. Akan tetapi belum cukup dengan mudah untuk dipahami untuk pengguna awam, begitu pun pengguna mahir hmmm.. Ada baiknya, pembaca menuntaskan bacaannya di Wikipedia untuk dapat memahami definisi blog secara lebih utuh.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan koment disini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger