23 April 2013

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Masyarakat pada umumnya belum mengetahui akan manfaat kulit manggis. Mereka hanya memanfaatkan isi buahnya saja lalu kulit yang membungkus buah dibuang begitu saja. Menurut penelitian, khasiat kulit manggis memiliki banyak kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
Sistem kekebalan tubuh manusia memang berbeda-beda, ada yang rendah dan ada juga yang cukup tinggi. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang tergolong rendah, maka berbagai penyakit akan mudah masuk. Dengan memanfaatkan kulit manggis ini, sistem kekebalan tubuh seseorang yang rendah akan bertambah tinggi.
Namun pertanyaannya, bagaimana cara mengolah kulit manggis untuk bisa diambil khasiatnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat, kandungan dan cara mengolah kulit manggis menjadi jus.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Saat ini mayoritas masyarakat sudah mengetahui akan manfaat kulit manggis itu sendiri. Namun mengenai penyakit apa saja yang bisa diminimalisir oleh kulit manggis, masyarakat belum mengerti lebih dalam. Berikut ini daftar manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh manusia.
  • Mencegah kanker
  • Mengurangi sakit gigi
  • Mengatasi sesak nafas
  • Menggagalkan kerusakan DNA
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Menghentikan diare
  • Mengoptimalkan fungsi kelenjar gondok
  • Meringankan asma
  • Berat badan menurun
  • Mengurangi terjadinya pembengkakan ketika menstruasi

Manfaat Kulit Manggis Dilihat dari Kandungannya

Para peneliti telah menjelaskan bahwa manfaat kulit manggis memang cukup banyak sekali. Termasuk diantaranya yang sudah dijelaskan diatas yaitu dapat mengurangi beberapa penyakit yang sering dialami manusia pada umumnya.
manfaat kulit manggis bagi kesehatan
Oleh karena wajib jika kita menelaah lebih dalam mengenai apa saja kandungan yang terdapat didalam kulit manggis itu sendiri. Berikut beberapa kandungan di dalam kulit manggis diantaranya adalah Powerful anti inflammatory yaitu bagian yang bermanfaat mencegah dan mengatasi peradangan.
Berikutnya ialah Immunomodulator yaitu bagian yang bertugas meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Anti depressant yaitu dapat mencegah seseorang merasakan galau. Dan anti aging yaitu bisa membuat awet muda khususnya bagi kaum hawa.

Manfaat Kulit Manggis Dengan Cara di Jus

Cara berikut ini memang tergolong unik tanpa mengurangi manfaat kulit manggis itu sendiri. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kulit manggis yang keadaannya masih bagus dan segar. Hal tersebut berpengaruh pada hasil yang nantinya didapatkan yaitu berupa jus yang menyegarkan dan juga cukup aman diminum. Berikut cara membuat jus yang diambil dari manfaat kulit manggis.
jus manfaat kulit manggis
  1. Bersihkan kulit manggis sampai bersih. Potong kulit menjadi 2 bagian. Hasil potongan direbus terlebih dahulu dalam empat gelas air. Saringlah hasil rebusan kulit manggis tersebut hingga tersisa dua gelas saja. Minumlah secara teratur 2-3 x sehari.
  2. Cara mengolahnya yaitu :
    • Ambil daging bagian dalam kulit manggis yang keadaannya masih segar. Campur dengan air dan ethanol. Haluskan kedua bahan tersebut bersamaan dengan daging kulit manggis, bisa dengan cara memblendernya. Setelah itu simpanlah selama 1×24 jam. Lalu saringlah hasil blenderan yang disimpan tersebut.
    • Bagian yang lain yaitu mencampurkan ektrak rosella dengan madu setelah sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan ekstrak xanthone untuk dibuat sirup. Setelah semuanya dilakukan maka tindakan berikutnya adalah dengan memanaskan campuran tersebut dalam suhu 90-95 0C setidaknya 10 menit lamanya. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kandungan alkohol.
Sebenarnya masih banyak sekali kandungan yang terdapat dalam tubuh kulit manggis. Namun hanya ini saja yang bisa dibahas. Manfaat kulit manggis lainnya diantaranya bisa mempercantik kulit dan bisa mengatasi penyakit jantung.
Kekayaan alam ini seharusnya bisa disyukuri oleh para penikmat manggis pada khususnya. Semoga pembahasan tentang manfaat kulit manggis ini bermanfaat bagi yang memang belum mengetahuinya.

sumber 

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan koment disini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger